Honda CR-V

Dua produk di segmen sport utility vehicle (SUV) medium, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport masih terus ketat bersaing. Persaingan keduanya terlihat dari angka penjualan yang terus melaju. Namun, kenaikan penjualan dua mobil ini menggerus mobil lain.

Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) misalnya mencatat, kedua model bergenre off-road itu bergerak tinggi sementara model SUV lain terekam mundur. Selama Januari – Mei 2016, Fortuner mencapai 9.992 unit atau meningkat 211 persen dari periode sama pada tahun sebelumnya.

Pada kurun waktu yang sama, penjualan Pajero Sport meningkat 230 persen menjadi 8.640 unit. Sebaliknya, para pesaing keduanya justru keteteran. Honda CR-V, tercatat penjualannya turun 36 persen pada Januari – Mei 2016 dibanding tahun sebelumya. Paling parah, Nissan X-Trail yang penurunan  mencapai 72 persen.

Nissan X-Trail baru

Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia Antonio Zara mengakui ketatnya persaingan di segmen “heavy SUV” menggerus produk lain. “Heavy SUV sedang populer. Banyak orang pindah ke sana, sayangnya kami belum punya produk untuk segmen itu,” ucap Zara.

Kendati absen bukan berarti NMI diam. Zara memaparkan sedang menyiapkan model buat berkompetisi di segmen itu. Pria yang akrab disapa Toti ini masih tutup mulut soal penjelasan lebih lanjut.

Berita global yang berkembang belakangan ini menyebutkan bahwa Nissan diketahui sedang membuat versi SUV dari pikap popular Navara NP 300. Strategi ini dinilai cocok mengingat rival kuatnya Fortuner dan Pajero Sport juga dibangun menggunakan sasis model pikap saudaranya. (okz)